Selasa, 28 Desember 2010

Satria FU 150: Seting korek Harian Buat Pelajar

SATRIA FU 150: SETING KOREK HARIAN BUAT PELAJAR





siang para penguna Fu di tanah air :D
disini aku pengen membagi kepada kalian tentang korek harian yang bisa di aplikasikan ke mator FU kalian.
dengan buget yang cukup rendah, dan masi bisa di gunakan sehari-hari (korek ala pelajar)
silahkan di  simak 



aku ( yang juga pelajar :D ) telah mengadakan riset up-grade performa FU yang dapat dicontoh oleh para pelajar pemakai FU. intinya sih up-grade performa tapi dengan biaya terjangkau oleh para pelajar. heheheh gitu loh maksudnya khusus pelajar tuh.

Dari hasil pengamatanku beberapa bengkel top dalam melakukan up-grade terhadap FU selalu mengandalkan penggantian part dengan merek-merek terkenal yang jelas harganya mahal. Menurutku sih semua orang juga bisa ngencengin FU klo duitnya banyak (IMHO), tinggal tebus part-part racing yang mahal trus dipasang dan seting-seting dikit,

jadi deh FU kenceng! 
Cuman masalahnya bagaimana nasib adik-adik pelajar yang pengen FU-nya juga kenceng tapi uang saku terbatas heheh, maksudnya belum tentu juga uang sakunya benar-benar terbatas, tapi mereka kan punya pos pengeluaran lainnya juga kaya misalnya biaya nraktir gebetan, biaya merias diri biar cepet laku heheheh, dan lain-lain, yang intinya membuat pos pengeluaran buat si FU jadi terbatas..

Nah, buat adik-adik pelajar penggenjot FU, yang tua juga boleh kok :D , berikut adalah tips up-grade yang (sebagian besar) dah dipraktekin langsung di motorku, yang jelas aku jamin dengan melakukan upgrade seperti ini tidak akan membuat TTM kalian terlantar heheheh. . :Peace: 





1. Langkah pertama yg paling gampang, buat karbu standar ganti Pilot jet dengan ukuran 15 - 17.5 (karena standarnya kekecilan buat motor 150 cc) , bisa pake punya shogun lama. Harga palingan 30rb. Klo mau lebih murah pake merek Kitaco harnganya 17,5ribuan


2. Lepas paking kepala silinder, pake 1 lapis aja yang tengah, langkah ini berarti naikin rasio kompresi dari standarnya 10,2 menjadi sekitar 11,4. Langkah ini sih ke bengkel aja, misalnya sekalian pas servis besar. 


3. Porting lubang in & out. Lubang in dan out masing-masing di gedein diameternya 1 mm Yang ini juga harus ke bengkel. Beberapa bengkel top mematok harga 300rb hingga 500rb. Tapi bengkel2 balap rumahan palingan 100rb.


4. Ganti karbu (berarti langkah nomor 1 ga perlu), saran pake punya  NSR SP yakni Keihin PE 28 harga barunya 600 ribuan yang Thailand (Awas barang palsu china). pake karbu lain juga bisa kok, (mis: PWL, PWK, VM, TM, FCR dll) . Klo ganti karbu, ganti juga kabel gasnya pake punya shogun atau sekalian pake gas spontan, sebaiknya juga pasang keran bensin model biasa ( mis: kitaco) buat gantiin aslinya yang model vakum . .

habis pasang, langsung seting spuyernya, biasa sih make kombinasi PJ/MJ 38,40,42/108,110,118,120. dan kalo mau lebih maknyus lagi filter udaranya di buka (open filter), atau kalo takut ke masukan air/ kerikil, pake filter aftermarket aja kaya: KnN, TDR, dll.



5. lepas saringan udara (klo dah ganti karbu). klo saringan udara di lepas, sebaiknya lebih sering membersihkan karbunya, karena debu yang masuk tak tersaring oleh karbu dan lebih mudah membuat karbu kotor


6. potong kabel koil 2 cm (=ngurangin resistensi kabel sekitar 10%), Bisa dilakuin sendiri. Ingat masang kabelnya lagi harus bener2 kuat, caranya ditusukin dan diputar hingga ngedrat.


7. ganti pake busi Iridium (saran yang agak murah pake merek Sindengen/SDG 30rb) hasilnya lumayan. Klo mau tetep pake busi standar juga gapapa, cuman atur lagi celahnya jadi 0,9 – 1 mm


8. oli pake yang khusus motor (merek apa aja yang penting asli), trus pake yang 10/40.


9. ganti knalpot free flow, saran sih pake yang thailan punya, kaya: DBS, NMF, CMS dll
tapi perlu ngerogoh kocek rada dalem dikit, soalnya harganya itu di atas 1 juta heheheh :D
klo mau enak juga bisa custom (bikinan). saran ku sih cari bengkel knalpot yang dah bener-bener jago.
biar performanya ga kalah ma suaranya heheheh .


10. Posisi as roda pada penyetel kekencengan rantai diusahakan pada posisi sedepan mungkin, klo perlu potong 2 mata rantainya. Keuntungannya, jarak poros roda depan belakang makin pendek jadi motor lebih lincah bermanuver..khasiat lainnya buat mengurangi bunyi-bunyian dirantai karena rantai beradu dengan lengan ayun.


11. Per kopling ganti pake yang aftermarket. biar akselnya lebih josss, dan bisa di ajak lompat2 heheheh. .


12. motor kenceng butuh penyuplai tenaga yang kuat kan dari mesin ke roda. .
nah untuk itu ganti kampas kopling yang standar pake kampas kopling suzuki RGR. biar trnaga yang tersalurkan lebih baik dan tarikan makin enak . .


13. nah klo semua langkah diatas…atau beberapa aja deh…udah dilakukan pasti performa motor dah melonjak. Tapi khusus untuk temen2 di Jakarta ato daerah yang ramai dalam artian trek lintasan pendek2 yang mengakibatkan ga bisa leluasa pol gas di gigi 5 ato 6…maka disarankan ganti gir depan pake yang 13 mata (standarnya 14 mata) bisa pake punya yamaha crypton ato F1ZR…beli aja yang buatan aspira atau indopart cumin 30 ribuan…hasilnya motor lebih narik lagi ampe gigi 6 sekalipun. Langkah ini tidak mengurangi Top Speed secara signifikan (lagian kan disaranin buat yang sering kena macet jadi ga pernah nge-top speed..hehe) malahan justru bikin motor lebih cepat menggapai top speed.




14.Bila dana masih ada
Langkah lanjutan adalah mengganti CDI, koil dan busi …paling ga untuk 3 item ini butuh 800 - 1 juta .tapi sangat setimpal bila dilakukan.klo soal CDI banyak kok pilihannya, mulai dari yang lokal hingga luar negeri 
yang lokal ada : BRT, rextor, XP, cheetah power dll
klo yang luar negri : LEK, DBS, NMF, CMS, shindengen dll
harga mulai dari 500 ribu, sampai 3 juta rupiah


klo buat yang harian ma pake yang 500 ribuan aja, udah manteb kok :D kaya : BRT hiper / dualband, rextor adjustable XP Andrion HP 7 dll
klo dah bner2 mau buat balap nah baru pake CDI yang harganya selagit itu ( biasanya harga ga pernah boong :D )


koilnya juga jangan lupa bisa pake bawaan pabrik, kaya (YZ, RM, blue thunder, dll) atau yang racing ( TDR, r9, andrion, dll )


businya bisa pakai busi panas / busi dingin ( dibahas dalam artikel lain)




CDI lokal :
 


CDI thai:




15.Untuk camshaft/noken as bisa pake WRD, CLD, Kawahara, Akutagawa (850 – 1 jutaan…ato NMF yang hampir 2jutaan)…ato apalah terserah…soalnya aku sendiri blum nyobain klo yang ini. abis itu, biar pas ma karekter motor, noken asnya di dial ulang lagi :D




sekian dari aku :D
Semoga berguna :D .


itulah yang dah di terapin di FU ku :D heheheh. .
dan hasilnya lumayan kok, ga standar-standar banget
dan masih bisa di bawa ke skolah tiap hari, tanpa masalah :D




thanks buat smuanya yang sudah membacaartikel singkat ini :D

2 komentar:

  1. copas dari bintoro wisnu ya...wkwkwkwkwkwk...ketauan...
    http://bintorowisnu.wordpress.com/category/all-about-suzuki-satria-fu150/

    BalasHapus
  2. Muhammad Prayoga3 Juli 2011 pukul 22.05

    itu efeknya ke bensin gimana boss ?
    jadi boros banget apa enggak ?
    kalo pake premium mesin masih bisa narik apa enggak ?

    BalasHapus