Kamis, 30 Desember 2010

Membaca Kondisi mesin dari Busi



busi bisa di jadikan indikator untuk melihat kondisi mesin kita, apakah dalam kondisi yang baik atau tidak. silahkan baca artikel berikut :D




tulisan ini saya ambil dari majalah Hot Compact & Imports dgn artikel yg berjudul "Kondisi Busi sebagai Indikator Performa Mesin". semoga bisa bermanfaat buat semuanya..

- Brand New Spark Plug



- Normal Spark Plug

jika mesin bekerja normal (sebagaimana mestinya), bentuk businya "nyaris" mirip dgn yg baru, hanya saja berwarna kecoklatan di ujung tip-nya. hal ini mengindikasikan bahwa silinder dalam kondisi kering, tidak terkontaminasi dgn oli ataupun karbon akibat sisa bensin yg tidak terbakar.

- Normal With Red Coloration

untuk kondisi busi normal tetapi ada warna kemerahan, hal ini merupakan hasil dari pembakaran zat additive yg dicampur ke dalam bensin. contoh : bensin premium yg dicampur dgn hot pil griffon ato dicampur dgn octane booster dll. kondisi ini adalah normal.





- Fuel Fouled Plug (Lean Plug & Rich Plug)
busi spt ini diakibatkan oleh AFR yg terlalu Rich atau Lean, pembakaran yg tidak sempurna atau heat range yg tidak sesuai dgn spesifikasi mesin. untuk penyelesaiannya, setting ulang perbandingan campuran udara & bahan bakar, buat se-ideal mungkin dgn nilai 14.7:1....

Lean Plug



Rich Plug



- Detonation Spark Plug
efek ini diakibatkan oleh timbulnya gejala detonasi (ngelitik) pada mesin. kemungkinannya berasal dari timing yg tidak tepat atau kualitas bahan bakar yg digunakan tidak cukup bagus alias buruk. solusinya, coba setel ulang timing pengapian dan ganti bahan bakar dgn kualitas yg lebih baik.






- Carbon Fouled Spark Plug
diindikasikan dgn timbulnya warna kehitaman di sekitar tip & elektroda. ini disebabkan karena terlalu banyak sisa bensin yg tidak terbakar (pembakaran tidak sempurna). kemungkinan lainnya adalah karena kebocoran injektor atau mobil cukup lama tidak dijalankan (cuman dipanasin aja mesin-nya) atau bisa juga karena menjalankan mobil terlalu pelan (nggak pernah digeber) dalam jangka waktu yg cukup lama. efeknya, akan banyak timbul kerak di ruang bakar.







- Oil Fouled Spark plug
ini disebabkan oleh oli yg masuk ke dalam ruang bakar yg berasal dari Ring Piston aus/rusak atau Seal Klep yg udah rusak. segera ganti Ring Piston dan/atau Seal Klep yg rusak.



- Mechanical Damaged Spark Plug
disebabkan oleh gerakan Piston yg terlalu jauh ke bawah di dalam ruang bakar sehingga bisa "memukul" busi.






berikut ini adalah beberapa kondisi busi, yang bisa anda baca:



1 komentar: